PUBLIC RELATIONS SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN COFFEE SHOP BELAKANG RUMAH UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN
Kata Kunci:
Strategi Komunikasi, Coffee SHop, PemasaranAbstrak
Pengembangan bisnis kopi saat ini merupakan salah satu bisnis yang sangat diminati. Jumlah
besar bisnis kafe menyebabkan persaingan pasar. Persaingan pasar ini juga dialami oleh kafe
Belakang Rumah yang hampir memiliki menu yang sama dengan kafe-kafe lain di Pandaan
dan konsumen yang sama. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif
jenis dan menggunakan komunikasi pemasaran berbasis komunitas. Penelitian ini
menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi literatur. Teknik analisis
data meliputi reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan. Teknik validitas data
adalah triangulasi data. Penelitian ini menggunakan konsep PENCILS. Hasilnya
menunjukkan bahwa strategi public relation coffee shop Belakang Rumah dianggap efektif
untuk meningkatkan penjualan dan didukung oleh komunikasi berbasis komunitas dan word
of mouth, berdasarkan data pendukung yang menyatakan bahwa peningkatan jumlah
konsumen cukup signifikan, menggunakan word of mouth dan media sosial Instagram dan
komunikasi berbasis komunitas.