Persepsi Khalayak terhadap Kredibilitas Celebrity Endorser Fadil Jaidi

Penulis

  • Imro’atul Mufidah, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • A.A.I. Prihandari Satvikadewi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Irmasanthi Danadharta Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Persepsi, Kredibiltas, Celebrity Endorser

Abstrak

Berdasarkan trend digital marketing, penggunaan celebrity endorser merupakan upaya
promosi untuk meraih sebuah perhatian (attention) dari produk tersebut. Oleh sebab itu,
saat ini banyak perusahaan menggunakan celebrity endorser sebagai daya tarik dari
brand yang dipromosikan. Celebrity yang baik adalah mereka yang dapat membangun
brand image yang kuat. Penelitian ini menggunakan Social Judgement Theory. Metode
yang digunakan pada penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif. Teknik
pengambilam sampel dalam penelitian ini merupakan quota sampling. Hasil penelitian
menunjukan sesuai dengan penyajian data dan deskripsi yang sudah dilakukan oleh
peneliti bahwa terdapat persepsi yang positif dari khalayak (pengikut) Fadil Jaidi
terhadap kredibilitasnya sebagai celebrity endorser. Hal tersebut ditinjau melalui
indikator Keahlian, Fadil Jaidi dinilai ahli dalam menyampaikan pesan produk pada
iklan endorsement yang dibawakan. Pada indikator Kepercayaan, Fadil Jaidi dinilai
dapat dipercaya, tulus, dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pesan produk
pada iklan. Lalu pada indikator Daya Tarik Fadil Jaidi dinilai memiliki penampilan
yang menarik dan gaya yang unik dalam menyampaikan pesan produk pada iklan
endorsement yang dibawakan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-10