Studi Kasus : Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas 9 SMPN 48 Surabaya
Kata Kunci:
Tiktok, Remaja, KonsumtifAbstrak
Perkembangan Media sosial kini menjadi hal yang wajib untuk diikuti, dari gaya hidup,
makanan, berbusana, gaya berbicara hingga tren-tren dan challenge yang bermunculan.
Dengan sering terpaparnya konten dari media sosial secara perlahan audiens akan
menginginkan hal yang sama dengan yang dilihat. Dalam penelitian ini menyoroti
bagaimana remaja, Khususnya siswa siswi SMPN 48 Surabaya sebagai pengguna media
sosial terutama TikTok terhadap perilaku konsumtif. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study) yang bermaksud untuk
mengetahui faktor penyebab dan dampak perilaku konsumtif Siswa. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan Focus Group Discussion atau biasa disebut diskusi
kelompok dan observasi. Hasil dilapangan menunjukkan bahwa perilaku konsumtif pada
siswa secara tidak langsung terlihat, mengikuti tren dan juga FOMO (Fearing Of Missing
Out) sangat terlihat pada siswa siswi kelas 9. Namun, dalam penggunaannya siswa Siswi
SMPN 48 Surabaya yang pengguna media sosial Tiktok tidak bisa dipisahkan dari dampak
baik dan buruknya