PELAKSANAAN MBKM KAMPUS MENGAJAR SEBAGAI OPTIMALISASI BIDANG KOMUNIKASI DI SMPN 41 SURABAYA

Penulis

  • Nurul Hidayah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Mohammad Insan Romadhan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

MBKM, Kampus Mengajar, Komunikasi

Abstrak

Ilmu komunikasi tidak sebatas mata kuliah di perguruan tinggi, namun implementasi komunikasi
dapat diterapkan di Sekolah Menengah Pertama sekalipun. Namun, di sekolah khususnya seringkali
terdapatnya keterbatasan sarana dan prasarana dalam optimalisasi bidang komunikasi. MBKM
Kampus Mengajar di SMPN 41 Surabaya membuka kelas tambahan yang dibentuk berdasarkan
survey dan kebutuhan dari siswa dan sekolah dengan minat kelas public speaking, e-sport, Fotografi
& Jurnalistik dan content creator sebagai pendukung kemampuan siswa dalam bidang komunikasi.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana dalam pengumpulan
data nya melalui proses observasi saat kegiatan MBKM berlangsung. Berdasarkan hasil dari
penelitian ini selama MBKM Kampus Mengajar bidang komunikasi yang mendukung kegiatan
akademik maupun non akademik siswa dapat teroptimalisasikan dengan program kelas tambahan
yang dibuka oleh mahasiswa MBKM Kampus Mengajar di SMPN 41 Surabaya. Hasil analisis dari
penelitian ini menyatakan melalui kelas tambahan bidang komunikasi ini dapat meningkatkan
kemampuan bidang komunikasi siswa SMPN 41 Surabaya dan menjadi metode pembelajaran baru
bagi mahasiswa

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-10