PRAKTIK EKONOMI POLITIK MEDIA DALAM PORTAL BERITA BANGSAONLINE.COM (Komodifikasi Konten Pemberitaan Khofifah Indar Parawansa)

Penulis

  • Rifka Astari Damyanti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Jupriono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Muchamad Rizqi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Ekonomi Politik Media, Komodifikasi, Media

Abstrak

Ekonomi politik media secara sempit merupakan kajian tentang hubungan sosial khususnya
yang berhubungan dengan kekuasan dalam bidang produksi, distribusi dan konsumsi sumber
daya dalam komunikasi. Pada konteks komunikasi sumber daya utamanya adalah
produk-produk komunikasi itu sendiri. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah
jenis penelitian ekonomi politik kritis dengan pendekatan kualitatif. Adapun teori yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu teori ekonomi politik media Vincent Mosco yang lebih
menekankan pada salah satu konsepnya yaitu komodifikasi yang terbagi dalam komodifikasi
isi, komodifikasi khalayak, dan komodifikasi pekerja. Untuk teknik pengumpulan data
menggunakan metode wawancara secara mendalam, dokumentasi, dan observasi. Dari hasil
penelitian ini adalah praktik ekonomi politik media yang dilakukan oleh bangsaonline.com
mencakup ketiga kategori dari konsep komodifikasi yaitu komodifikasi isi yang dapat dilihat
dari proses modifikasi berita, komodifikasi khalayak yang digunakan untuk mendapatkan
keuntungan, dan komodifikasi pekerja yang dituntut untuk mengemban tugas lebih dari satu.
Selain itu terdapat juga relasi kuasa dalam media bangsaonline.com yang menjelaskan adanya
hubungan kerja sama dengan suatu instansi pemerintah.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-10