STRATEGI KOMUNIKASI VISUAL AKUN INSTAGRAM SURABAYA THRIFTING MEMBANGUN CITRA SEBAGAI THRIFTING EVENT ORGANIZER TERMURAH

Penulis

  • Rendy Herdiano Putra
  • Bambang Sigit Pramono
  • A.A.I. Prihandari Satvikadewi

Kata Kunci:

Citra, Event organizer, Strategi Komunikasi Visual, Media Sosial

Abstrak

Persaingan bisnis di bidang event organizer membuat para founder atau pendiri
berusaha membangun citra (brand image) untuk dapat bersaing dengan kompetitor yang lain.
Surabaya Thrifting merupakan salah satu event organizer yang bergerak dalam bidang
thrifting. Surabaya Thrift Lifting membangun citra sebagai thrifting event organizer termurah
dengan menggunakan strategi komunikasi visual melalui akun instagram. Berdasarkan
masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi komunikasi
visual yang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan
menganalisis pesan visual menggunakan teori retorika visual serta menganalisis strategi
komunikasi visual yang digunakan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu
wawancara semi terstruktur dan observasi akun instagram dan event yang sedang
berlangsung. Hasil dan kesimpulan menunjukan strategi komunikasi visual yang digunakan
oleh Surabaya Thrifting, meliputi: perencanaan sasaran khalayak, teknik strategi komunikasi
yang menggunakan teknik redundancy dan informatif. pesan visual menekankan pada elemen
visual ilustrasi dan tipografi. Branding akun instagram melalui fitur yang tersedia seperti:
instagram stories dan feed instagram. Selain itu, dalam membangun citranya Surabaya
Thrifting menjalin hubungan kerja sama dengan media promotor untuk menjangkau khalayak
yang lebih luas dan lebih efektif dalam penyampaian pesannya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-10