PENGARUH INTENSITAS MENONTON YOUTUBE TERHADAP MINAT BELAJAR PADA ANAK SDN AIRLANGGA 1 SURABAYA

Penulis

  • Mirza Wardianto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Bagus Cahyo Shah Adhi Pradana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Mohammad Insan Romadhan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Intensitas Menonton, Youtube, Minat Belajar

Abstrak

Saat ini perkembangan teknologi sangat pesat. Hal ini juga berdampak pada semakin
meluasnya arus informasi sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi
melalui berbagai media dari media massa maupun media sosial. Media sosial memungkinkan
pengguna untuk berpatisipasi dengan mudah dengan membuat konten yang mencakup blog,
jejaring sosial, forum, dan dunia virtual lainnya.Dalam penelitian ini pendekatan yang
digunakan oleh peneliti adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan rumus statistik Hasil
penelitian menunjukkan bahwa nilai F hitung 5.617 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000
0,05. Nilai signifikan menunjukkan 0,019 yang dimana jika nilai signifikan 0,05 artinya
variabel intensitas menonton youtube berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Dengan nilai
R-Square 0,04. Hal ini membuktikan bahwa intensitas menonton youtube memiliki kontribusi
signifikan terhadap minat belajar siswa dengan kontribusi sebesar 4,4%. Berdasarkan hasil
penelitian yang dilakukan dengan banyak orang 125 partisipan yaitu siswa-siswi SDN
Airlangga 1 Surabaya tentang adanya pengaruh intensitas menonton youtube terhadap minat
belajar menunjukan hasil bahwa adanya pengaruh antara dua variabel penelitian.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-05