Strategi Public Relation PT Pupuk Kalimantan Timur Dalam Mempertahankan Citra Positif
Kata Kunci:
Citra, Public Relation, StrategiAbstrak
Citra mencakup pandangan terhadap bisnis, merek, atau individu yang dapat
berdampak signifikan pada dukungan publik. PT Pupuk Kalimantan Timur mencapai
kesuksesan dan citra positif melalui berbagai penghargaan yang mencerminkan dedikasinya
dalam tindakan keterbukaan dan transparansi. Selain itu peran penting public relation
berfungsi sebagai fasilitator komunikasi yang bertujuan untuk menciptakan dan
meningkatkan citra positif perlunya public relation yang efektif dalam memitigasi dampak
negatif dan menjaga reputasi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana strategi public relation PT Pupuk KalimantanTimur (PKT) dalam
mempertahankan citra positif . Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif
deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan komunikasi korporat
dan divisi hukum PKT. Peneliti melakukan observasi dan studi pustaka yang kemudian diolah
dengan teknik trianggulasi sumberdata. Pada penelitian ini menggunakan data primer dan
data sekunder. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu Teori Excellence Public
Relation. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan public relation PKT dalam menjaga
reputasi dan citraperusahaan dengan peran public relation sebagai penasehat, fasilitator
komunikasi, teknisi komunikasi dan fasilitator pemecah masalah sangat relevan menunjukkan keterlibatan aktif dalam manajemen perusahaan. Teori Excellence Public Relation
danpenerapan Two Way Symmetric mengubah pandangan bahwa public relation hanya
keuntungan organisasi, sementara public relation PKT berhasil menerapkan Four Step Public
Relation untuk mengidentifikasi, merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi program
public relation dengan kinerja sesuai teori yang menekankan proses struktural dan terukur.