PERAN TRADE MAP DALAM OPTIMALISASI PELUANG USAHA PRODUK KOKOA BANANA

Penulis

  • Etika Rachmawati Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Mohammad Insan Romadhan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Trade Map, Peluang Pasar, Sekolah Ekspor

Abstrak

Kegiatan ekspor-impor tidaklah lepas dari adanya new media. Media baru yang memiliki
peran penting dalam dunia ekspor-impor, salah satunya adalah trade map. Situs yang
dikembangkan oleh International Trade Centre UNCTAD/WTO (ITC) telah menyediakan
ribuan data produk dari 200 lebih negara malalui sistem harmonisasi atau sistem pengkodean
barang. Melalui situs ini, penulis berusaha mendeskripsikan dan menganalisis peluang pasar
akan produk keripik pisang dengan campuran kokoa. Produk ini merupakan produk yang
dikembangkan penulis bersama dengan Tim Sekolah Ekspor (TSE) disaat melakukan
praktikum Program Studi Independen (MSIB) di Yayasan Sekolah Ekspor Nasional. Produk
dengan brand Koba (Kokoa Banana) menjadi produk yang dikembangkan tidak hanya untuk
pasar domestik melainkan juga pasar global. Penulis menggunakan metode kualitatif karena
berusaha menggambarkan kegiatan dari pengoptimalan sebuah produk usaha Koba melalui
program studi independen Sekolah Ekspor dengan memanfaatkan situs trademap.org. Hasil
yang didapatkan berupa daftar beberapa negara yang berpotensi untuk menjadi pasar ekspor
produk Koba dengan bahan dasar berupa pisang

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-05