Pengaruh Terpaan Media Instagram @bliblistore.galaxymall Terhadap Minat Pembelian
Kata Kunci:
Terpaan Media Sosial, Minat pembelian pelanggan, Perilaku KonsumenAbstrak
Perkembangan teknologi komunikasi telah melahirkan fenomena media sosial yang
terus mengalami evolusi pesat. Media sosial menjadi sarana yang sangat relevan dalam
mengembangkan dan memperkuat strategi pemasaran. Instagram telah menjadi salah satu
platform media sosial terkemuka di Indonesia. Salah satu usaha jual beli hp di Surabaya yang
memanfaatkan instgram sebagai media komunikasi pemasaran digital yaitu
@bliblistore.galaxymall. Pentingnya minat beli dalam konteks sosial media, terutama
Instagram, menggugah minat penelitian. Hal ini mendorong penulis untuk menyelidiki
"Pengaruh Terpaan Media Instagram @bliblistore.galaxymall Terhadap Minat Pembelian."
Penelitian ini bertujuan untuk memahami dampak Terpaan Media Instagram
@bliblistore.galaxymall terhadap Minat Pembelian.Tujuan utamanya adalah menggali sejauh
mana pengaruh eksposur terhadap media sosial ini memengaruhi minat konsumen untuk
melakukan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal. Teknik penentuan
sampel dilakukan dengan metode Purposive Sampling. Populasi sampel adalah 70 responden
konsumen @bliblistore.galaxymall. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara online melalui Google Form. Teknik analisis data menggunakan Analisis
regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Terpaan Media Sosial
Instagram @bliblistore.galaxymall memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Minat
Pembelian Pelanggan. Adanya arah hubungan yang positif antara kedua variabel tersebut
mengindikasikan bahwa semakin meningkatnya eksposur atau interaksi pelanggan dengan
konten dari akun Instagram tersebut akan mengakibatkan peningkatan Minat Pembelian
mereka. Kesimpulan ini menggambarkan betapa pentingnya peran media sosial dalam
memengaruhi perilaku belanja konsumen.