Strategi Produksi Program Radio Gen FM Surabaya Dalam Mempertahankan Eksistensi Kalangan Generasi Milenial dan Generasi Z
Kata Kunci:
Strategi Komunikasi, Produksi Radio, Generasi Millenial, Generasi ZAbstrak
Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi produksi program radio
Gen FM Surabaya dalam mempertahankan eksistensi kalangan generasi milenial dan generasi
Z. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model
interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi produksi program radio Gen FM
Surabaya dalam mempertahankan eksistensi kalangan generasi milenial dan generasi Z terdiri
dari: a) Perencanaan program; dengan mengidentifikasi tujuan dan target pendengar,
menentukan format siaran, membuat ide program atau konsep program, menetapkan jadwal
siaran program, mempersiapkan dalam produksi program, mempromosikan program melalui
iklan-iklan dan media sosial, mengumpulkan dan melakukan umpan balik dengan pendengar,
dan terus meninjau program; b) Produksi program; terdiri dari: rekaman, editing audio,
menyusun segmen sesuai jadwal yang telah ditentukan, memilih musik atau lagu yang sesuai
untuk program, memastikan semua aspek produksi sesuai dengan rencana, menyesuaikan
durasi program dengan jadwal yang ditentukan, memastikan semua peralatan teknis berfungsi
dengan baik, menyimpan salinan program untuk referesi di masa depan dan menyiapkan
konten pendukung untuk siaran; c) Eksekusi program; terdiri dari siaran program, pengelolaan waktu dan jadwal, memastikan kualitas audio program, memastikan bahwa iklan
disiarkan sesuai waktu, aktivitas manajemen teknis, memastikan pemutaran musik sesuai
jadwal, memastikan informasi yang disiarkan adalah akurat, memastian para penyiar dapat
mengontrol suara dan nada dengan baik, memantau reaksi dan tanggapan penggemar,
menyimpan salinan program; serta d) Pengawasan dan evaluasi program; dengan penetapan
tujuan program, memantau siaran program, evaluasi dan umpan balik pendengar, evaluasi
program dan rating segmentasi program, melihat kepuasan pendengar, melakukan
perbandingan antara target dan tujuan, pengawasan secara berkelanjutan.