STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @DAYENMAKEUP

Penulis

  • Zabrinatudz Dzakirah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Irmasanthi Danadharta Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Beta Puspitaning Ayodya Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Strategi Komunikasi Pemasaran, Instagram

Abstrak

Strategi komunikasi pemasaran yang tepat dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan penjualan, meningkatkan kesadaran merek, mempertahankan loyalitas konsumen, meningkatkan daya saing, dan meningkatkan efektivitas promosi. Instagram adalah salah satu media sosial yang dapat digunakan sebagai bagian dari strategi komunikasi pemasaran. Dayenmakeup adalah salah satu jasa makeup yang menerapkan strategi komunikasi pemasarannya dengan memanfaatkan fitur-fitur Instagram. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan strategi penggunaan Instagram sebagai media Komunikasi Pemasaran yang dilakukan oleh @Dayenmakeup. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan perolehan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dan penelitian ini menggunakan teori perencanaan komunikasi dengan model tahapan G-P-A. Hasil dari penelitian ini strategi yang digunakan oleh @Dayenmakeup mengikuti pola G-P-A, yang mencakup Goals (penetapan tujuan) Instagram sebagai wadah karya, meningkatkan kesadaran audiens dan citra merek, serta meningkatkan penggunaan jasa. Pada tahap Plan (perencanaan komunikasi pemasaran), strategi ini melibatkan penentuan segmentasi target usaha, perencanaan dan manajemen konten, serta pemilihan fitur Instagram yang tepat. Sementara itu, pada tahap Action (aksi), strategi ini mencerminkan implementasi langsung yang dilakukan oleh @Dayenmakeup melalui platform Instagram.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-05