Pengembangan Kreativitas melalui Pelatihan Desain Grafis pada Siswa SMPN 48 Surabaya

Penulis

  • Yustika Nicky Dwi Tantry Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Annisa Diana Putri Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Kun Muhammad Adi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Desain Grafis, Kampus Mengajar, SMPN 48 Surabaya

Abstrak

Pelatihan desain grafis diharapkan akan membantu siswa dan siswi kelas IX SMP Negeri 48 Surabaya dalam meningkatkan keterampilan dan kreativitas mereka sehingga mereka dapat bersaing dengan baik di luar agar dapat mengoperasikan software-software editing. Materi Desain Grafis yang diterapkan pada siswa dengan menggunakan media aplikasi canva. Metode yang digunakan pada Kegiatan ini untuk memecahkan permasalahan dengan menggunakan metode : 1. Metode ceramah 2. Metode praktik/penerapan Sasaran dalam kegiatan ini adalah siswa SMP Negeri 48 Surabaya. Alasan dipilihnya sasaran ini karena sebelumnya siswa belum mendapatkan pelatihan desain grafis, sebagian siswa tidak mengetahui apa itu desain grafis. Dalam kegiatan ini peneliti memanfaatkan praktikum secara langsung dengan siswa, tujuan dari praktikum sendiri untuk menambah keterampilan dan kekreatifan para murid SMP Negeri 48 Surabaya. Terdapat beberapa faktor yang sangat mempengaruhi keberhasilan kegiatan belajar mengajar ini, termasuk keinginan siswa untuk mengikuti dengan cermat materi yang diberikan, berpartisipasi aktif dalam kegiatan, dan menyelesaikan tugas dengan baik. Siswa kelas IX SMP Negeri 48 Surabaya sangat puas dengan kegiatan pemberian materi desain grafis ini. Ini ditunjukkan dengan berbagai produk desain grafis yang dibuat yang beragam dan unik.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-05