ANALISIS ISI YOUTUBE DR. RICHARD LEE, MARS SEBAGAI INFLUENCER KESEHATAN

Penulis

  • Yesi Ayuning Tiyas Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Yesi Ayuning Tiyas Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Jupriono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Muchamad Rizqi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Analisis Isi, Influencer, Youtube, Dr. Richard Lee, MARS

Abstrak

Youtube merupakan salah satu media yang digunakan sebagai media penyebaran informasi dan pemasaran yang banyak digunakan influencer dengan menampilkan suatu postingan atau konten. Seperti dalam youtube pada akun Dr. Richard Lee, MARS yang memberikan informasi terkait kesehatan. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui isi konten youtube Dr. Richard Lee, MARS sebagai influencer kesehatan. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 55 konten kesehatan. Penentuan sampel menggunakan teknik proposive sampling dengan menggunakan beberapa kriteria. Untuk mengetahui hasil dari penelitian ini, peneliti menggunakan Teori Presentasi Diri Menurut Erving Goffman dengan menggunakan 13 variabel atau indikator yang diambil dari 5 strategi presentasi diri menurut Jones dan Pittman. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Dalam membuktikan hasil analisis tersebut, maka menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Melalui hasil uji validitas dan reliabilitas terdapat 10 varibel yang digunakan untuk mempresentasikan diri sebagai influencer kesehatan pada isi konten youtube Dr. Richard Lee adalah favor doing, self echamcement, opinion confirnities, performance claims, performance account, self-denial, helping, militancy, theats, dan entreaties for help.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-05