STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN COFFEE SHOP D’LAGOON DALAM MEMBANGUN CUSTOMER ENGAGEMENT MELALUI INSTAGRAM
Kata Kunci:
Instagram, Coffee Shop, Pemasaran, AIDAAbstrak
Perkembangan media sosial kini di dimanfaatkan masyarakat tidak hanya dalam bersosial
secara online saja. Dengan kemudahan dan kepraktisan dalam memperoleh dan informasi ini
dimaanfatkan juga pada pelaku usaha dalam melakukan kegiatan pemasaran yang dilakukan
secara online. Instagram kini juga salah satu media massa digunakan sebagai tempat bagi
pelaku usaha dalam memasarkan produk yang dimiliki dan dapat digunakan sebagai identitas
profil pelaku usaha. Coffe shop D’Lagoon memilih menggunakan media sosial Instagram
dengan nama @dlagoon.gresik sebagai tempat dalam melakukan kegiatan pemasaran yang
terdapat berbagai macam tujuan,Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetauhi strategi
komunikasi pemasaran yang dilakukan dalam membangun Customer engagement melalui
media sosial Instagram. Customer engagement merupakan bentuk hubungan baik antara
perusahaan dengan customer melalui media. Dengan memiliki keterikatan dengan Customer
memudahkan perusahaan dalam melakukan kegiatan pemasaran yang akan dilakukan.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang
digunakan melalui wawancara, observasi,dan dokumentasi berupa screenshot postingan yang
terdapat pada Instagram coffe shop D'Lagoon. Teknik analisis data yang digunakan adalah
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian
ini menggunakan bauran pemasaran dan Teori AIDA yang digunakan coffe shop D’Lagoon
pada media sosial Instagramnya dalam membangun Customer Engagement dengan memanfaatkan bauran pemasaran yang digunakan dan berfokus pada AIDA pada media
Instagram dengan melalui proses Customer Engagement Consumption,curation,creation,dan
collaboration.