Analisis Semiotika Roland Barthes pada Film Lara Ati dengan Representasi Quarter-life Crisis

Penulis

  • Tresnadya Lantasqia Marchella Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Merry Fridha Tri Palupi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Herlina Kusumaningrum Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Quarter-life Crisis, Representasi, Film, Semiotika

Abstrak

Film Lara ati merupakan film pertama yang di sutradarai oleh bayu skak. Dia adalah youtuber lokal yang sudah sukses dengan sekuel filmnya yaitu yowis ben, hingga akhirnya dia menulis, memainkan, dan menyutradarai film genre romantis komedi berjudul Lara ati. Pada film ini pemeran utama mengalami krisis kehidupan yang disebabkan oleh lingkungan sekitar, Quarter-life crisis namanya. Dikenal sebagai krisis yang menghantui para dewasa awal yang sedang memulai karir hingga menggapai citacitanya. Quarter-life Crisis pada film ditunjukan melalui beberapa scenes dan juga perkataan(naskah) dari pemeran pembantu lainnya. Film ini juga menjelaskan pointpoint dimana sang pemeran utama mengalami kebingungan dalam menentukan masa depannya. Maka dari itu peneliti ingin membongkar makna denotasi, konotasi, dan mitos hingga dapat ditemukan representasi dari quarter-life crisis yang terdapat dalam film Lara Ati. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dan dianalisis dengan semiotika Roland barthes dengan model analisis semiotika dua penandaan. Paradigma yang digunakan merupakan paradigma konstruktivis dengan tujuan membantu untuk memahami konstruksi yang terdapat pada film Lara Ati

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-05