STRATEGI PENYEBARAN INFORMASI KEPARTAIAN DPD PDI PERJUANGAN JAWA TIMUR MELALUI WEBSITE PDIPERJUANGAN-JATIM.COM

Penulis

  • Muhammad Alfian Affandi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Jupriono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Amalia Nurul Muthmainnah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Cyber Public Relations, Website, Produk Jurnalistik, Komunikasi Politik, pdiperjuangan-jatim.com

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi penyebaran informasi kepartaian yang
dilakukan oleh DPD PDI Perjuangan Jawa Timur melalui website pdiperjuangan-jatim.com
menggunakan teori cyber public relations dan produk jurnalistik sebagai kemasan penyajian
informasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini
adalah pihak Unit Media DPD PDI Perjuangan Jawa Timur dan objek penelitian strategi penyebaran
informasi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi disertai
peninjauan isi website pdiperjuangan-jatim.com sebagai data yang valid. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa strategi DPD PDI Perjuangan Jawa Timur termasuk kedalam golongan 5
karakteristik dari Cyber Public Relations dalam menyebarkan informasi melalui internet, yakni
adanya umpan balik (direct feedback), peluang bersaing, komunikasi dua arah (two way
communication), memperkuat hubungan komunikasi, serta hemat. Dalam strategi penyebaran
informasi melalui website pdiperjuangan-jatim.com, DPD PDI Perjuangan Jawa Timur menggunakan
7 jenis strategi produk jurnalistik dari 9 jenis, yakni jenis berita (news), berita langsung (straight
news), berita tidak langsung (feature news), ragam berita, sifat berita, ulasan (view), dan publisitas
(publicity). Adapun jenis produk jurnalistik yang tidak digunakan yakni konstruksi berita dan
advertensi (iklan).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-05