STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM PENINGKATAN PENJUALAN JASA EXECUTIVE LOUNGE UMROH DAN HAJI DI BANDARA INTERNASIONAL JUANDA
Kata Kunci:
Strategi Komunikasi, Pemasaran, PT.Aquarus GemilangAbstrak
Komunikasi merupakan sebuah cara menyampaikan suatu hal dari komunikator ke
komunikan untuk mengetahui pesan atau isyarat yang disampaikan dan untuk memberikan
informasi kepada orang lain. Komunikasi pemasaran adalah kegiatan komunikasi yang
dilakukan antara produsen, perantara, pedagang dan konsumen serta merupakan kegiatan
yang membantu konsumen dalam mengambil keputusan dibidang pemasaran dan pertukaran
atau transaksi langsung agar lebih memuaskan dan menyadarkan para pihak untuk berfikir,
bertindak dan berperilaku lebih baik. Strategi komunikasi pemasaran digunakan untuk
menggambarkan informasi produk dari pemasaran ke konsumen. Pemasaran menggunakan
periklanan, promosi, pemasaran langsung, dan penjualan langsung untuk memberikan
informasi yang mereka harap akan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Metode
penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan sumber data dan objek
penelitian di PT. Aquarus Gemilang yaitu sebuah perusahaan penyedia jasa umroh dan haji.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu Teknik wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Teknik penyajian data dengan menggumpulkan data yang ada kemudian
mengolah dan menarik simpulan dari hasil olah data. Teori strategi komunikasi yang
dilakukan yaitu teori AIDDA (Awarness, Interest, Desire, Decision, Action). Dari hasil olah
45
data dapat disimpulkan bahwa PT. Aquarus Gemilang menawarkan berbagai paket perjalanan
umroh dan haji yang menarik dengan harga terjangkau dan mengutamakan kenyamanan
konsumen untuk meminimalisasi complain dari konsumen.