PENINGKATAN UMKM RW 02 SIDOTOPO MELALUI PROGRAM KAMPUNG ZERO WASTE MENGENAI DIGITAL MARKETING DAN PENGELOLAAN ADMINISTRASI
Kata Kunci:
UMKM, Pemasaran Digital, Pengelolaan AdministrasiAbstrak
Perkembangan teknologi yang canggih saat ini tidak dapat menjadi alasan untuk tidak memahami digital marketing dan pengelolaan administrasi. Dengan metode penelitian observasi dengan melakukan survey dilapangan dalam upaya mengatasi permasalahan yang ada di kampung RW 02 Sidotopo mengenai kurangnya pemahaman digital marketing dan pengelolaan administrasi UMKM, Dinas Lingkungan Hidup Surabaya membuat program MBKM KZW (Kampung Zero Waste) yang dijalankan oleh mahasiswa Universitaas 17 Agustus 1945 Surabaya untuk mengatasi permasalahan yang ada dikampung khususnya UMKM. UMKM merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia untuk mendapatkan penghasilan. Untuk mengembangkan potensi UMKM di kampung RW 02 Sidotopo, peneliti membuat program kerja mengenai UMKM yaitu dengan cara membuat buku panduan digital marketing dan pengelolaan administrasi UMKM, melakukan sosialisasi, mempromosikan produk UMKM melalui sosial media karang taruna setempat, dan membuat poster edukasi mengenai UMKM. Untuk tercapainya program ini adalah dibutuhkan partisipasi pihak UMKM dalam menjalankan usahanya dengan digital marketing dan pengelolaan administrasi yang telah disediakan oleh peneliti. Kerja sama antara Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Dinas Lingkungan Hidup Surabaya dan UMKM Kampung RW 02 Sidotopo untuk dapat mencapai indikator yang diperlukan dari program kampung zero waste yaitu perkembangan potensi UMKM. Pemahaman digital marketing dan pengelolaan administrasi bagi UMKM bukanlah hal yang mudah karena dibutuhkan kesadaran, pembelajaran, praktik penggunaan dan aksi keberlanjutan untuk menciptakan perkembangan potensi kampung menuju kampung zero waste dan mencipatakan perubahan yang positif untuk membangun perekonomian di Indonesia.