PERAN MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DI SMPN 41 SURABAYA
Kata Kunci:
MBKM, Kampus Mengajar, SMPN 41 SurabayaAbstrak
Pada awal tahun 2020 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Indonesia telah
meresmikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dimana mahasiswa dapat
berkuliah di luar kelas selama satu(1) semester. Tujuan program ini yaitu memberi
kesempatan pada mahasiswa untuk meningkatkan kualitas diri dan menambah pengalaman
sebagai bekal sebelum memasuki dunia kerja. Kampus Mengajar atau yang biasa disebut
dengan KM merupakan salah satu bentuk program Merdeka Belajar Kampus Merdeka
(MBKM) dimana mahasiswa turun langsung ke lapangan untuk membantu mengoptimalisasi
proses belajar-mengajar dan proses administrasi di sekolah. Salah satu sekolah yang menjadi
sasaran Kampus Mengajar adalah SMPN 41 Surabaya yang terletak di Surabaya, Jawa Timur.
Pada program ini mahasiswa mendapat tanggung jawab membantu sekolah dalam proses
belajar-mengajar terutama dalam hal public speaking dan kepenulisan serta optimalisasi
bentuk profil sekolah dalam bentuk video. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan
wawancara. Hasil dari program ini diketahui membantu proses komunikasi belajar pada siswa
dan membantu sekolah memiliki profil sekolah dalam bentuk video yang terlihat ideal
sehingga diharapkan program ini dapat diteruskan agar dapat meningkatkan kualitas sekolah
dan pendidikan nasional di Indonesia.