KONTRUKSI INDUSTRI GAYA HIDUP SEHAT DALAM IKLAN TROPICANA SLIM MELALUI WEB SERIES SORE (STUDI SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)
Kata Kunci:
Konstruksi, Web Series, Hidup SehatAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena penggunaan simbol-simbol yang tersirat dan
dikemas secara menarik untuk mengkomunikasikan pesan tentang gaya hidup sehat.
Tujuannya adalah untuk menciptakan sebuah iklan yang tidak hanya memikat tetapi juga
memiliki alur cerita yang khas dan menarik serta mengandung pesan penting. Penelitian ini
berfokus pada konstruksi industri akan makna dan simbol yang terkait dengan gaya hidup
sehat yang terdapat pada iklan Tropicana Slim web series Sore. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk menguraikan dan menafsirkan konsep dan simbol yang terkait dengan hidup
sehat yang terdapat dalam iklan Tropicana Slim melalui web series Sore. Penelitian ini
menggunakan metodologi kritis untuk menyelidiki makna penanda dan petanda dengan
menggunakan paradigma semiotika Roland Barthes. Temuan penelitian ini memperjelas
bahwa simbol-simbol yang berkaitan dengan pesan hidup sehat meliputi olahraga yang
konsisten, tidur teratur, pemeliharaan pola makan, dan pantangan zat-zat berbahaya gai tubuh.
Hikmah tentang pentingnya menjaga kesehatan tubuh bagi diri sendiri dan orang yang
dicintai melalui perubahan pola hidup dan kebiasaan menjadi lebih sehat tidak terlepas dari
makna simbol pesan hidup sehat yang terkandung di dalamnya