PERSONAL BRANDING BAND INDIE FLOURISH MELALUI YOUTUBE

Penulis

  • Nadya Mawaddah Akmalia Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Bagus Cahyo Adi Shah Pradana, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Muchammad Rizqi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Personal branding,, YouTube,, Indie label

Abstrak

Personal branding semakin berkembang dan tidak terlepas dari kemajuan teknologi. Salah
satu kemajuan teknologi yang signifikan adalah internet. Media sosial merupakan hasil dari
perkembangan internet. Seiring berjalannya waktu, media sosial juga mulai dimanfaatkan
untuk membangun branding bagi individu. Dengan adanya media sosial, kegiatan personal
branding saat ini menjadi lebih mudah dilakukan. Salah satu platform media sosial yang
sering digunakan di Indonesia untuk membentuk personal branding adalah YouTube. Label
rekaman dalam industri musik terbagi menjadi dua, yaitu label rekaman major atau major
label, dan juga indie label. Flourish ialah salah satu band yang berdiri dari indie label. Dalam
membentuk personal branding Flourish menggunakan media sosial YouTube. Oleh karena
itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana personal branding yang dilakukan
oleh band Flourish melalui metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data didapat
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan data yang telah diolah oleh
peneliti maka hasil yang didapatkan adalah dalam membentuk personal branding band
Flourish, ditemukan 8 konsep yang terkait dengan teori personal branding Peter Montoya
yaitu spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, terlihat, kesatuan,
keteguhan, dan nama baik

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-18