STRATEGI DIGITAL PUBLIC RELATIONS UNTUK MEMPERTAHANKAN CITRA PERUSAHAAN PT “ANGKASA PURA I” BANDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA

Penulis

  • Meidina Putri Irianti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Mohammad Insan Romadhan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Lukman Hakim Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

public relations, strategi digital pr, bandara juanda, editorial plan

Abstrak

Di dalam era industri digital yang sudah berkembang saat ini, sangat berpengaruh bagi aktivitas PR.
Pengaruh teknologi dan komunikasi terhadap peran humas adalah sebagai media yang digunakan
oleh humas untuk mendapatkan informasi, menyebarkan informasi penting, menjalin hubungan
dengan masyrakat atau dengan media agar terjalin hubungan yang baik, dan lain-lainnya, itu lah
yang disebut digital public relations. Digital public relations mengacu pada berbagai strategi yang
digunakan praktisi PR untuk meningkatkan keberadaan online suatu perusahaan atau bisnis. Dalam
penelitian ini membahas tentang Strategi Digital Public Relations Untuk Mempertahankan Citra
Perusahaan PT “Angkasa Pura I” Bandara Internasional Juanda Surabaya. PT Angkasa Pura I
Bandara Juanda merupakan perusahaan BUMN di bidang pelayanan dan pengelolaan bandar udara.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam
penelitian ini adalah Stakeholder Relation Manager dan Communication Officer dari humas
Bandara Juanda. Kemudian teori yang digunakan oleh penulis yaitu teori empat langkah proses
manajemen PR menurut Cutlip, Center dan Broom yakni identifikasi, perencanaan, aksi dan
evaluasi. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi digital yang digunakan oleh humas Bandara Juanda
ialah editorial plan terkait informasi-informasi apa saja yang bisa disampaikan ke media digital
selama satu bulan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-18