Strategi Komunikasi Dispendukcapil Kota Surabaya dalam Memberikan Informasi Terkait Administrasi Kependudukan Kepada Masyarakat Kota Surabaya Melalui Media Youtube Swargaloka
Kata Kunci:
strategi komunikasi, komunikasi, administrasi kependudukan, difusi inovasiAbstrak
Mengurus administrasi kependudukan merupakan hal yang wajib bagi seluruh masyarakat
Indonesia tak terkecuali masyarakat Kota Surabaya. Namun, masyarakat sering kali
kesusahan dalam mendapatkan informasi terkait administrasi kepenudukan secara langsung
dari Dispendukcapil Kota Surabaya. Hal tersebut mendorong Dispendukcapil Kota Surabaya
untuk menciptakan sebuah inovasi baru melalui media Youtube Swargaloka dengan konten
yang diproduksi dan dapat diadopsi oleh masyarakat Kota Surabaya. Penelitian ini akan
menggunakan metode analisis model komunikasi milik Laswell yaitu, who says what in
which channel to whom and with what effect didukung dengan teori difusi inovasi oleh
Everett Rogers untuk melihat strategi komunikasi Dispendukcapil Kota Surabaya dalam
memberikan informasi terkait administrasi kependudukan kepada masyarakat Kota Surabaya
melalui media Youtube Swargaloka.