STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF DRIVER GOJEK DALAM MEMPERTAHANKAN BRAND LOYALTY DI WILAYAH SURABAYA
Kata Kunci:
Strategi Komunikasi Persuasif, Teori Pertukaran Sosial, Brand Loyalty, GojekAbstrak
Sebagai manusia makhluk sosial komunikasi akan terjalin pada setiap aktivitas, komunikasi
yang efektif akan memberikan dampak baik pada suatu hubungan. Berdasarkan teori
pertukaran sosial yang melihat hubungan sebagai transaksi ekonomi. Hal ini membuat
peneliti tertarik meneliti driver Gojek dalam memberikan pelayanan dengan menerapkan
strategi komunikasi persuasif untuk mempertahankan brand loyalty pelanggan terhadap
Gojek di wilayah Surabaya. Strategi komunikasi persuasif tidak hanya terbatas pada kata-kata
namun berorientasi, terencana, mengharapkan pesannya dapat memberikan dampak kepada
sasarannya. Jenis penelitian tersebut adalah kualitatif eksploratif. Informan pada penelitian ini
yaitu dua driver Go-Ride dan satu driver Go-Car dengan kriteria informan yang tiga tahun
lebih telah bergabung sebagai mitra Gojek. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui
wawancara semi depth interview dan observasi. Hasil penelitian ini adalah strategi
komunikasi persuasif yang dilakukan driver merupakan aktivitas pertukaran sosial yang
melihat hubungan sebagai transaksi ekonomi dengan memberikan pelayanan yang maksimal
kepada pelanggan agar pelanggan setia menggunakan jasa Gojek (brand loyalty).