Strategi Public Relations Dinas Ketahanan Pangan dan Petanian Kota Surabaya dalam Destination Branding pada Romokalisari Adventure Land Surabaya
Kata Kunci:
Strategi, Public Relation, Destination BrandingAbstrak
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi Public Relations Dinas
Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya untuk membangun destination branding
pada Romokalisari Adventure Land. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan
Huberman yang terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
atau verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Public Relations
Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya untuk membangun destination
branding pada Romokalisari Adventure Land dilakukan dengan publikasi melalui
konten-konten di media sosial (media sosial milik Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian
Kota Surabaya, Romokalisari Adventure Land serta akun media lainnya (akun Organisasi
Perangkat Daerah (OPD)), mengadakan event berupa kunjungan grup bagi instansi dan
sekolah, bekerjasama dengan komunitas dan paguyupan yang ada di Surabaya, berupaya
meningkatkan citra Romokalisari Adventure Land dengan mengunggulkan wahana dan tiket
yang murah, mampu melobi dan melakukan pendekatan komunikasi dengan pengunjung
yang kecewa ketika mengunjungi Romokalisari Adventure Land serta memiliki program
Corporate Social Responsibility (CSR).