PERBANDINGAN POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU dan SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI “SMPN 29 SURABAYA” dan “SLB AKW KUMARA II SURABAYA”

Penulis

  • Novita Ariyani Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Edy Sudaryanto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Amalia Nurul Muthmainnah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Komunikasi Interpersonal, Studi Komparasi, Anak Berkebutuhan Khusus

Abstrak

Hubungan antar manusia atau interaksi sosial didalamnya terdapat komunikasi yang menjadi
salah satu komponen penting. Eksistensi komunikasi menjadi prasyarat untuk melakukan
adaptasi. Sehingga kemampuan keterampilan komunikasi dibutuhkan untuk melakukan
aktualisasi diri atau untuk bertahan dalam suatu kondisi. Komunikasi interpersonal dapat
disebut komunikasi antar personal/antarpribadi merupakan komunikasi antar individu untuk
saling bertukar gagasan, pikiran atau informasi kepada individu lain. Di mana tidak
memisahkan antara anak berkebutuhan khusus dengan anak normal dengan fasilitas khusus,
tanpa membedakan kondisi anak berkebutuhan khusus itu sendiri. Penelitian ini
menggunakan 2 sekolah yang berbeda yaitu SMPN 29 dan SLB AKW Kumara II yang
keduanya berada di Surabaya. Dalam penelitian ini menggunakan backround sekolah yang
berbeda untuk meneliti pola yang mereka gunakan dan melakukan komparasi atau
perbandingan. Pada penelitian ini menggunakan anak berkebutuhan khusus yang memang
jarang disinggung oleh beberapa orang. Selain itu peneliti tertarik meneliti mengenai pola
komunikasi dengan berbagai hambatan yang terjadi. Sehingga guru dan murid berkebutuhan
khusus digunakan dalam penelitian ini. Dengan berbagai hambatan yang terjadi peneliti juga
tertarik mengenai pola yang digunakan atau dihasilkan pada saat hasil akhir.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-18