STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UMKM ELEKTRONIK CT ALIBABA DALAM DI KABUPATEN MANGGARAI TIMUR, PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK

Penulis

  • Mariano Arfan Ndarung Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Muchamad Rizqi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Edy Sudaryanto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Strategi Komunikasi Pemasaran, Sosial Media, Citra Merek

Abstrak

Facebook merupakan salah satu media sosial yang banyak di gunakan disaat sekarang ini.
Facebook merupakan salah satu tempat untuk mencari maupun berbagi informasi secara
online. Karena itu, banyak pengguna akun media sosial Facebook menggunakan Facebook
sebagai salah upaya untuk membangun brand image yang baik di masyarakat. UMKM CT
Alibaba dengan akun Facebook @CT Alibaba di kelola untuk membangun citra merek.
Melalui media sosial Facebook. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran UMKM
elektronik CT Alibaba di kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam
membangun brand image melalui media sosial Facebook. Data yang diperoleh bersumber
pada wawancara bersama narasumber yang sudah dipilih dan data yang didapatkan dengan
aktual. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teori triangulasi yaitu
teknik pengumpulan data yang berbeda untuk mendapatkan sumber yang sama. Pengumpulan
datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan
terhadap pemilik usaha dan menggunakan salah satu konsumen sebagai penunjang sekaligus
menguji keabsahan data. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Hasil
penelitian ini menunjukkan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan melalui sosial
media Facebook CT Alibaba untuk membangun citra merek adalah melalui periklanan,
promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan penjualan personal.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-18