STRATEGI KOMUNIKASI TRIMURTI SENIOR HIGH SCHOOL DALAM MENINGKATKAN CITRA SEKOLAH SETELAH PROSES REBRANDING
Kata Kunci:
Rebranding, Public Relations, Strategi KomunikasiAbstrak
Persaingan antara sekolah swasta di Indonesia sangat tinggi. Persaingan untuk mendapatkan
jumlah siswa terbanyak ini membuat setiap sekolah bersaing dalam mempromosikan sekolah
mereka. SMA Trimurti Surabaya menjadi salah satu sekolah yang bersaing dengan sekolah
sekolah swasta pada saat ini. Public Relation menjadi bagian terpenting dalam melakukan
pengenalan atau promosi instansi sekolah kepada khalayak. Menurut Ruslan Public Relation
berperan sebagai Communicator, Relationship, Back up Management, dan Good Image
Maker. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi
pemasaran SMA Trimurti yang baru setelah melakukan proses Rebranding. Dengan
metodologi penelitian yang digunakan peneliti adalah kualitatif dengan pendekatan
wawancara terhadap informan yang telah dipilih yaitu Kepala sekolah dan Guru dari SMA
Trimurti Surabaya. Diperoleh bahwa ada 3 jalur pemasaran Trimurti Senior High School
setelah melakukan Rebranding, dengan menggunakan jalur internal dimana memanfaatkan
seluruh staff dari SMA Trimurti Surabaya untuk melakukan promosi melalui media massa
online seperti Facebook dan Instagram, kemudian jalur eksternal yang dimana SMA Trimurti
mengundang Gubernur Jawa Timur, Pers, dan Dinas Pendidikan Surabaya dalam acara
rebranding SMA Trimurti Surabaya, dan jalur Alumni yang membantu dalam proses
pemasaran dengan menjadi bagian internal maupun eksternal dari SMA Trimurti.