ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM KUCINGKITA.SUB SEBAGAI MEDIA PROMOSI
Kata Kunci:
Pemanfaatan, Promosi, Teori Kekayaan MediaAbstrak
Media sosial merupakan suatu media online yang dapat memudahkan para penggunanya
untuk mendapatkan berbagai informasi dari yang terlama hingga terbaru. Banyak sekali
macam-macam sosial media yang saat ini sedang populer digunakan oleh masyarakat salah
satunya adalah instagram. Aplikasi instagram saat ini tidak hanya berfungsi sebagai sarana
hiburan saja, tetapi juga dapat memanfaatkan instagram sebagai media promosi. Salah satu
online shop yang memanfaatkan instagram sebagai media promosi adalah kucingkita.sub.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam
penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan media sosial instagram sebagai media
promosi yang dilakukan kucingkita.sub diukur menggunakan 4 kriteria dari Teori Kekayaan
Media. Hasil dari penelitian ini adalah kucingkita.sub sudah tepat dalam memanfaatkan
instagram sebagai media promosi untuk menunjukkan kesegeraan dalam mengungah
informasi, menunjukkan keragaman isyarat, variasi bahasa juga menunjukkan sumber
personal dengan memanfaatkan fitur instagram stories, feed, hastag, Direct Massage (DM),
instagram ads dan fitur siaran langsung (live).