TERPAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @KAI121 SEBAGAI SARANA KEPUASAN PEROLEHAN INFORMASI DI STASIUN SURABAYA GUBENG BARU

Penulis

  • Reny Usmanur Mahmudah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Maulana Arief Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Mohammad Insan Romadhan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Efektivitas, Media Sosial, Terpaan Media, Kereta Api, Kepuasan

Abstrak

Dalam media sosial tidak dapat di pungkiri adanya media komunikasi dalam proses
mengkomunikasikan pelayanan yang di tawarkan. Salah satu perusahaan yang
menggunakan media sosial Instagram sebagai media komunikasi mereka adalah PT.
Kereta Api Indonesia (Persero). PT. Kereta Api merupakan salah satu badan penyediaan jasa transportasi darat yang memegang peran vital dalam pelayanan
transportasi massal. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tanggal 17 Juni 1864, hingga
sekarang PT.Kereta Api Indonesia (Persero) menjadi salah satu transportasi yang
masih tetap di gunakan oleh masyarakat indonesia khususnya di Kota Surabaya
Gubeng. Efektivitas terpaan media social Instagram sebagai saran kepuasan
perolehan informasi yakni bagaimana cara media menjadi wadah dalam
menyampaikan informasi dan bagaimana kepuasan masyarakat atau penumpang
dalam perolehan kebutuhan informasi mengenai moda transportasi kereta api.
Peneletian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas media
sosial Instagram @KAI121 sebagai wadah suatu informasi mengenai transportasi
umum, yang hasilnya melihat seberapa efektif media social Instagram sebagai
sarana kepuasan perolehan informasi kereta api. Metode yang digunakan yakni
metode kuantitatif dengan cara tipe deskriptif, yang memiliki tujuan guna
mendefinisikan populasi atau keadaan populasi sampel, yaitu perbedaan atau
pengaruh satu variabel dengan variabel lainnya yang saling memiliki keterkaitan.
Responden yang digunakan sebanyak 100 orang, yang terdiri dari followers. Teori
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Efektivitas Terpaan Informasi Melalui
Media instgaram, Teori Efektivitas, Teori Terpaan Media, Teori Media Exposure,
dan Teori Kepuasan Informasi.
Hasil dari penelitian ini adalah adanya pengaruh variabel Efektivitas Terpaan
Media (X) yang memiliki pengaruh kontribusi sebesar 46.68% dan juga pada
variabel Kepuasan Perolehan Informasi (Y) yang memiliki pengaruh kontribusi
sebesar 57.59%. Hasil penelitian ini relavan mengenai Efektivitas Terpaan Media
dengan Teori Terpaan Media, yaitu Frekuensi, Attensi, Durasi. Dan mengenai
Kepuasan Perolehan Informasi yaitu suatu bentuk dari penilaian orang terhadap
sesuatu, baik buruknya terdapat bagaimana orang mengemas pesan agar mampu
membentuk pemikiran orang lain yang menerima pesan tersebut, dan seberapa puas
penumpang dalam memperoleh suatu informasi melalui media social.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-18