PESAN MORAL DALAM IKLAN RAMADHAN RAMAYANA “BAHAGIANYA ADALAH BAHAGIAKU” (Analisis Naratif Tzvetan Todorov)

Penulis

  • Retno Ayu Mufarida Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Amalia Nurul Muthmainnah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Lukman Hakim Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Pesan Moral, Analisis Naratif Todorov, Youtube, Iklan, Ramayana

Abstrak

Pada penelitian kali ini, membahas mengenai makna pesan moral yang ada dalam konten
Youtube Ramayana Departement Store yang berjudul “Bahagianya adalah Bahagiaku”.
Peneliti menggunakan acuan teori analisis naratif dari Tzvetan Todorov. Data yang digunakan
pada penelitian ini yakni berisi tentang potongan-potongan adegan yang mengandung unsur
pesan moral pada konten YouTube Ramadhan Ramayana “Bahagianya adalah Bahagiaku”.
Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara
dokumentasi, observasi, dan pengumpulan data online. Penelitin ini mengambil sumber dari
dua data yaitu primer dan sekunder. Data Primer dari video Youtube Ramadhan Ramayana
“Bahagianya adalah Bahagiaku”. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan
metode kualitatif. Hasil penelitian ditujukan pada awal video yaitu nenek menunggu
keluarganya untuk melaksanakan ibadah sahur bersama-sama. Pada alur tengah cerita
kekacauan mulai terjadi karena nenek menganggap anaknya merencanakan hal buruk kepada
dirinya. Pada alur akhir cerita, ketika ada kekacauan yang sebelumnya terjadi, yang dilakukan
adalah dengan berusaha memperbaiki kembali dengan memberikan penjelasan kepada sang
nenek. Ketika telah selesai ditinjau adax tiga pesan, yaitu: (1) menjalankan kewajiban ibadah
pada bulan ramadhan, (2) menghargai dan menghormati orangtua, dan (3) menutup aib dan
masalah dalam keluarga.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-18