PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA INFORMASI REKOMENDASI CAFÉ DI SURABAYA (STUDI PADA INSTAGRAM @NICEPLACE.SUB)

Penulis

  • Reynaldi Pranata Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Irmasanthi Danadharta Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Beta Puspitaning Ayodya Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Strategi Komunikasi, Penggunaan, Media Informasi Rekomendasi

Abstrak

Penelitian ini berusaha untuk mengkaji bagaimana proses komunikasi yang dilakukan oleh
@niceplace.sub dalam upayanya menjadi media informasi rekomendasi café di Surabaya.
Dalam mewujudkan hal tersebut, @niceplace.sub menggunakan 5 tahap strategi komunikasi
menurut Cangara.Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori communication goal
menurut Littlejohn. Dengan Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan
teknik pengumpulan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi dengan jumlah informan 4
orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya @niceplace.sub sebagai media informasi
rekomendasi café di Surabaya telah menggunakan strategi komunikasi yang dirancang untuk
mencapai tujuan komunikasi yang optimal. Salah satunya yaitu penggunaan caption serta
visual foto yang menarik audiens sehingga menjadikan akun @niceplace.sub sebagai media
informasi rekomendasi café di Surabaya yang dapat dipercaya dan diandalkan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-18