STRATEGI KOMUNIKASI PARIWISATA PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI DALAM MEMBANGUN CITY BRANDING MELALUI SIMPANG LIMA GUMUL

Penulis

  • Rafly Iftytahmar Wibisono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Edy Sudaryanto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Muchamad Rizqi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Komunikasi Pariwisata, City Branding, Perekonomian, Sektor Pariwisata

Abstrak

Perkembangan yang terjadi pada sektor pariwisata di Indonesia selain memberikan perhatian
yang lebih, juga menimbulkan persaingan khususnya antara kota maupun daerah yang melalui
berbagai strategi. Hal yang terpenting dalam informasi bukan hanya penerimaan informasi saja,
namun juga cara dalam proses penyebaran informasinya. Sehingga di era modern seperti saat
ini, media sosial sangat penting guna meningkatkan tingkat kepopuleran potensi baik itu
pariwisata maupun city branding. Berdasarkan data yang peneliti dapat dari Dinas Kebudayaan
& Pariwisata dan juga analisa penulis dengan teori yang digunakan menunjukkan bahwa terdapat
berbagai upaya yang telah dilakukan oleh Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kabupaten Kediri
guna mengetahui strategi komunikasi pariwisata dan city branding Kabupaten Kediri melalui
Monumen Simpang Lima Gumul. Diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke
Kabupaten Kediri sehingga menjadikan Kabupaten Kediri kota yang berdaya baik dalam segi
pariwisata juga perekonomian.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-18