PERAN CONTENT CREATOR DALAM MEMBENTUK BRAND IMAGE LEGEND TREN INTERNASIONAL GRESIK

Penulis

  • M. Mujaddid Izzul Ummah Mualo Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Widiyatmo Ekoputro Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Maulana Arief Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

UMKM, Content Creator, Brand Image

Abstrak

Banyak produk UMKM yang memiliki identitas atau brand-nya yang menjadi pembeda
dengan produk lainnya serta dapat menunjukkan keunggulan produk atau brand. Dalam
membangun brand image yang positif bisa dilakukan dengan cara menonjolkan keunggulan,
ciri khas, dan kelebihan produk. Brand image suatu produk dapat ditunjukkan dalam gaya
yang berbeda-beda, salah satunya melalui konten. Sebagai profesi yang tugasnya membuat
konten, content creator dapat membuat konten untuk sebuah usaha dalam membentuk brand
image. Legend Tren Internasional merupakan sebuah UMKM bergerak pada produk
minuman yang terdapat peran content creator dalam membentuk brand image melalui konten
dalam media sosial. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu content creator melakukan perannya terdiri
dari mengumpulkan ide, menghasilkan konten yang sesuai identitas Legend Tren
Internasional yang akan diunggah pada Instagram. Produk legen dari Legend Tren
Internasional ingin menekankan image sebagai produk yang rendah gula dan cocok untuk
penderita diabetes serta memiliki legalitas seperti sertifikasi halal, HACCP (Hazard Analysis
Critical Control Point) & BPOM (Badan Pengawas Obat & Makanan) yang aman untuk
dikonsumsi, kemudian brand Image yang ingin ditekankan pula pada produk ini ialah khas
Nusantara yang Mendunia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-18