ANALISIS ISI SOCIAL MEDIA MARKETING PADA AKUN TWITTER NCTSMTOWN_DREAM DALAM SERI PROMOSI ALBUM BEATBOX

Penulis

  • Nadya Difa Syefina Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Merry Fridha Tri Palupi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Beta Puspitaning Ayodya Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Social media marketing, Analisis isi

Abstrak

Perkembangan budaya Korea saat ini didominasi oleh adanya karya musik K-Pop. Industri
musik K-Pop dikenal dengan pemasaran serta promosinya. Para agensi berlomba-lomba
mengemas strategi marketing artisnya semenarik mungkin, salah satunya adalah
memanfaatkan Twitter sebagai alat pemasaran media sosial atau social media marketing
mereka. Bahkan dalam memperkenalkan produknya, mereka mengunggah image teaser,
detail album ataupun poster sebelum dirilisnya album. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis isi pesan pada akun twitter @NCTsmtown_Dream dalam kegiatan seri promosi
album Beatbox serta mengetahui frekuensi social media marketing yang ada didalamnya.
Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi kuantitatif dengan pengumpulan data
melalui lembar koding (coding sheets) dan dokumentasi postingan Twitter. Penelitian ini
menggunakan teori Computer Mediated Communication (CMC). Hasil dari analisis penelitian
ini menunjukkan bahwa social media marketing pada postingan @NCTsmtown_Dream
menerapkan berbagai komponen, yakni didominasi oleh penerapan karakteristik pesan
caption, lalu penggunaan hashtag dan keterlibatan konten post. Adanya penggabungan
komponen-komponen mempermudah penyampaian serta visualisasi social media marketing
yang dilakukan oleh @NCTsmtown_DREAM.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-18