PERSONAL BRANDING FOTOGRAFER MELALUI INSTAGRAM (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @govindarumi)

Penulis

  • Rafi Rahadi Firmansyah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Bagus Cahyo Shah Adhi Pradana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Muchamad Rizqi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Fotografi, Personal Branding, Instagram

Abstrak

Govinda Rumi merupakan Fotografer yang cukup banyak dikenal di Indonesia dibalik akun
Instagram @govindarumi. Untuk membedakan Govinda Rumi dengan Fotografer lainnya
perlu adanya personal branding yang kuat dari sesosok Govinda Rumi. Tujuan dari penelitian
ini untuk mengetahui tampilan visual, pola ulasan, dan respon audiens yang digunakan oleh
Govinda Rumi pada akun Instagram @govindarumi. Penelitian ini menjelaskan dengan
deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode visual dari Gillian Rose. Hasil dari temuan
adalah tampilan visual foto memiliki karakteristik dan kategori tersendiri yaitu pre-wedding,
family photoshoot, dan street photography. Govinda rumi selalu memiliki keunikan dalam
foto – fotonya dan menggunakan teknik – teknik fotografi dengan sangat baik dan sempurna.
Karya foto dari Govinda Rumi selalu mendapat respon positif dari pada audiens nya dan tidak
pernah mendapat respon negatif. Govinda Rumi menerapkan The Eight Law of Personal
Branding dalam media sosial Instagram nya. Dan mampu mengkomunikasikan konsep
dirinya dengan baik kepada khalayak melalui postingan Instagramnya, akun Instagram yang
sudah mendapatkan centang biru menandakan konten foto pada Instagram @govindarumi
terbukti autentik dan asli.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-18