STRATEGI DIGITAL MARKETING UMKM SATE KELOPO DAN GULAI SAPI EMAK LIEK DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Penulis

  • M Riyant Miftachul Bachtiar Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Bagus Cahyo Shah Adhi Pradana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Lukman Hakim Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

UMKM, strategi digital marketing, kesadaran merek, SEO, media sosial

Abstrak

UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) memiliki peran penting dalam ekonomi
Indonesia, tetapi mereka sering menghadapi kendala dalam pemasaran dan brand awareness.
Penelitian ini menganalisis strategi digital marketing UMKM Sate Kelopo dan Gulai Sapi
Emak Liek untuk meningkatkan brand awareness. Hasil analisis menunjukkan enam saluran
pemasaran yang relevan: SEO, Online PR, Online Partnership, Interactive Advertising,
Opt-In Email Marketing, dan Media Sosial. UMKM ini menggunakan SEO dan media sosial
seperti Instagram dan TikTok untuk meningkatkan visibilitas bisnis. Namun, mereka belum
menerapkan strategi online partnership dan email marketing. Media sosial menjadi saluran
utama untuk mempromosikan menu makanan dan berinteraksi dengan pelanggan. Penelitian
ini juga menganalisis peran UMKM dalam strategi pemasaran, dengan fokus pada direct
marketing dan media interaktif. Mereka memanfaatkan GrabMerchant, WhatsApp,
Instagram, dan TikTok sebagai sarana pemasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah
kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang strategi digital marketing
yang efektif bagi UMKM dalam menghadapi tantangan pemasaran dan kesadaran merek di
era digital.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-18