Strategi Public Relations dalam Mempertahankan Citra Bengkel AHASS “Sakti Motor” di Sampang Madura

Penulis

  • Nabila Ivania Hartono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Mohammad Insan Romadhan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ni Made Ida Pratiwi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Public Relations, Manajemen Kesan, Citra Bengkel

Abstrak

Bengkel Ahass Sakti Motor merupakan salah satu bengkel resmi Honda dari tiga bengkel
yang berada di kabupaten sampang, Madura yang mana bengkel ini juga merupakan
bengkel pertama yang berdiri di daerah tersebut. walaupun bengkel sepeda motor
merupakan organisasi profit dengan skala kecil, dalam pelayanannya dibutuhkan praktisi
public relations yang memperhatikan terkait pelayanan yang efektif dan juga efisien
sekaligus menjaga hubungan baik dengan konsumen. Melihat fenomena tersebut, peneliti
tertarik untuk mengkaji bagaimana strategi yang digunakan oleh public relations dan
bagaimana manajemen kesan yang dibangun oleh bengkel Ahass “Sakti Motor” dalam
mempertahankan citra organisasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa praktisi public relations dari bengkel Ahass “Sakti Motor” dalam
usaha menjaga hubungan baik menerapkan keempat strategi PR yakni mendefinisikan
masalah, menentukan perencanaan, komunikasi dan implementasi program dan juga
evaluasi. Adapun public relations Ahass “Sakti Motor” dalam mempertahankan citra
organisasinya menggunakan strategi ingratation, self-promotion, dan exemplification. Pada
strategi intimidation dan supplication tidak diterapkan oleh bengkel Ahass “Sakti Motor”.
Hal tersebut terlihat dari bengkel Ahass “Sakti Motor” yang sudah mendapatkan beberapa
penghargaan dan juga terlihat dari bagaimana bengkel tersebut dalam memberikan
pelayanan kepada konsumennya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-18