Strategi Customer Relations Dalam Membangun Hubungan Baik Dengan Pelanggan Pada Mahar Agung Organizer

Penulis

  • Iga Aulia Syafir Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Mohammad Insan Romadhan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ni Made Ida Pratiwi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

customer relations, wedding organizer, teori excellence, customer relationship management, hubungan baik

Abstrak

Customer relations merupakan salah satu kegiatan public relations yang berperan penting bagi perusahaan melalui hubungan yang terjadi antara pelanggan dan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas public relations pada strategi customer relations yang dilakukan oleh Mahar Agung Organizer dan keterkaitannya dengan konsep customer relationship management (CRM) dengan menggunakan sepuluh prinsip dalam teori excellence sebagai landasan teori. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan metode pengumpulan data primer melalui teknik pengumpulan data berupa wawancara. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah tiga tahap analisis data model Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang telah didapatkan dapat dilihat bagaimana strategi customer relations pada Mahar Agung Organizer berdasarkan prinsip-prinsip teori excellence sebagai indicator penelitian yang didukung dengan konsep customer relationship management (CRM). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa Mahar Agung Organizer menggunakan strategi customer relations dengan melibatkan empat tahapan yaitu identifikasi pelanggan, diferensiasi pelanggan, kustomisasi dan interaksi. Pada penerapannya model tersebut terdapat kesesuaian pada teori excellence yaitu involvement, managerial, empowerment dan two way symmetrical model.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-18