CUSTOMER RELATION DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN FITRI CATERING BAROKAH DESA PANGKEMIRI KECAMATAN TULANGAN SIDOARJO

Penulis

  • Lutfi Alifandhi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Mohammad Insan Romadhan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Bagus Cahyo Shah Adhi Pradana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Customer Relation, Loyalitas, Public Relations

Abstrak

Customer Relationship Management merupakan salah satu strategi pemasaran yang bertujuan
untuk membentuk dan menciptakan loyalitas jangka panjang dengan pelanggan. CRM
menekankan pada hubungan yang sangat dekat dengan pelanggan yang didasari oleh
kepercayaan yang kuat. Kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan dapat menciptakan
komitmen yang merupakan syarat penting untuk menjalin suatu hubungan. Metode penelitian
ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan
Customer Relationship Management pada Fitri Catering Barokah yaitu pelanggan yang loyal
terbentuk karena pelayanan yang diberikan secara efektif dan efisien, 3 indikator dalam
penerapannya yaitu people, proses dan teknologi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-18