Strategi Komunikasi Pemasaran Cafe Jalan Korea Melalui Instagram Dalam Membangun Minat Beli
Kata Kunci:
Komunikasi Pemasaran, Bauran Promosi, Membangun Minat BeliAbstrak
Penelitian ini menjelaskan tentang strategi komunikasi pemasaran Cafe Jalan Korea Melalui
Instagram Dalam Membangun Minat Beli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana strategi komunikasi pemasaran Cafe Jalan Korea melalui Instagram dalam
membangun minat beli. Dalam penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan teknik wawancara, observasi dan
dokumentasi. penelitian ini memfokuskan penggunaan teori AIDA dimana hasil dari penelitian
yang menerapkan teori AIDA yang terdiri dari empat tahap. Tahap pertama yaitu attention untuk
menarik perhatian dengan melakukan iklan produk di media sosial. Tahap kedua yaitu interest
berusaha untuk membangun minat konsumen dengan memberi promo menarik. Tahap kedua
yaitu desire yaitu berusaha untuk menumbuhkan keinginan konsumen untuk membeli dengan
memberikan pelayanan yang terbaik terhadap konsumen dan penawaran yang terbaik. Tahap
terakhir yaitu action dimana konsumen melakukan pembelian produk yang sudah ditawarkan
dari tahap pertama sama kitiga sehingga dinyatakan berhasil. Penelitian ini juga menerapkan
beberapa tools dalam komunikasi pemasaran yang ada dalam konsep bauran promosi seperti
Advertising, Sales promotion, Personal selling, Public Relation dan Direct Marketing di Cafe Jalan Korea, Sebagai contoh bentuk pesan promosi secara verbal dan non-verbal yang digunakan
oleh Cafe Jalan Korea adalah sales promotion yang dipublikasi di laman akun media sosial
Instagram. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pesan promosi yang efektif
sesuai dengan kaidah AIDA terdapat dalam semua pesan promosi yang digunakan oleh Cafe Jalan Korea.