Strategi Manajemen Konten TV Lokal pada Masa Transisi Digitalisasi Penyiaran Televisi (Studi Kasus pada JTV)

Penulis

  • Oris Alfian Fahrudika Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • A.A.I. Prihandari Satvikadewi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Merry Fridha Tri Palupi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Manajemen Media, Strategi Manajemen Konten, Masa Transisi Digitalisasi TV JTV

Abstrak

Permasalahan yang dihadapi stasiun penyiaran JTV dengan adanya migrasi dari sistem
penyiaran analog ke sistem penyiaraan digital menuntut kesiapan stasiun penyiaran di
antaranya yaitu: sumber daya, infrastruktur, serta perubahan manajemen. Penelitian ini,
bertujuan untuk menganalisis strategi adaptasi manajemen konten JTV pada masa transisi
digitalisasi penyiaran televisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif,
menekankan dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah
dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Teknik pengumpulan datanya
menggunakan wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Sedangkan teknik an alisis datanya
dengan menggunakan interaktif, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil temuan menunjukan bahwa strategi adaptasi konten JTV pada masa transisi agar tetap
eksis, yang dilakukan JTV, pertama, mengikuti kampanye dari pemerintah bahwa terus
melakukan sosialisasi perpindahan channel dari siaran analog ke siaran digital. Kedua, tetap
menggunakan dua jalur, siaran analog dan digital, karena masyarakat yang ada di wilayah
kerja stasiun JTV belum semua masyarakat memiliki fasilitas set top box untuk penerima
siaran digital, sehingga penonton siaran TV ada masih menggunakan analog dan ada yang
menggunakan siaran digital.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-18