Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah Istimewa Yogyakarta
Kata Kunci:
Komunikasi Organisasi, KinerjaAbstrak
Komunikasi organisasi mempunyai peran penting dalam memadukan fungsi manajemen
dalam suatu perusahaan. Dapat dirumuskan masalah yang akan di angkat dalam penelitian ini
adalah bagaimana pengaruh komunikasi organisasi terhadap kinerja pegawai pada Dinas
Komunikasi dan Informatika Daerah Istimewa Yogyakarta. Pendekatan penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai
metode yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data
menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat statistik, dengan tujuan untuk
menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Pemahaman yang muncul dikalangan pengembang
penelitian kuantitatif adalah peneliti dapat dengan sengaja mengadakan perubahan terhadap
dunia sekitar dengan melakukan eksperimen. Tujuan penelitian lebih diarahkan untuk
menunjukan hubungan antar variabel, memverifikasi teori, melakukan prediksi, dan
generalisasi. Teori-teori yang diajukan dijadikan sebagai standar untuk menyatakan sesuai
tidaknya sebuah gejala yang terjadi, dan disinilah muncul istilah kebenaran etik, sebuah
kebenaran berdasarkan pada teori yang diajukan peneliti. Berdasarkan hasil analisis dapat
diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi organisasional
terhadap kinerja pegawai pada Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah Istimewa
Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat
ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara komunikasi
organisasi terhadap kinerja pegawai