Analisis Visual Product Placement Kopiko Pada Kanal Youtube Rans Entertainment Edisi Disneyland 2022
Kata Kunci:
product placement, analisis visual, media sosial YoutubeAbstrak
Salah satu teknik pemasaran yang sering digunakan pada era modern adalah softselling
dengan konsep product placement dengan tujuan promosi produk secara halus dan bersifat
persuasif. Perusahaan PT Mayora Indonesia Tbk telah melakukan beberapa strategi product
placement untuk memasarkan produk mereka yakni permen Kopiko dalam berbagai media
yakni sosial media, series drama Korea, bahkan juga dikonsumsi oleh astronot NASA, serta
pada video pada kanal Youtube Rans Entertainment. Penelitian ini berfokus untuk
mengetahui bagaimana analisis visual product placement Kopiko pada kanal Youtube Rans
Enstertainment Edisi Disneyland 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan paradigma kontstruktivisme serta menggunakan jenis penelitian analisis visual. Unit
observasi pada penelitian ini adalah video youtube pada kanal Rans Entertainment dengan
judul “Ryanzza & Sus Hilang di Disneyland??!!” dan unit analisis pada penelitian ini adalah
lima scene yang memuat product placement yakni pada menit ke 9.18 hingga 12.34 dengan
pengumpulan data berupa observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
visual dari Rose dan Russel. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa bagian product
placement Kopiko dibagi menjadi bagian awal, inti, dan akhir, dimana bagian awal dan akhir
merupakan transisi untuk memperhalus koneksi plot dari cerita inti dengan scene product
placement. Berdasarkan dimennsi visual diperoleh bahwa proses product placement
dilakukan dengan cara menggunakan tone warna natural agar penonton fokus pada dialog.
Pada dimensi auditori diberikan beberapa backsound music pada bagian awal dan akhir
transisi untuk lebih membangun suasana atau emosi penonton sedangkan pada scene inti
tidak menggunakan backsound music, melainkan hanya fokus pada dialog saja.