Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Program Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) Oleh BCA Veteran Surabaya Untuk Menarik Minat Nasabah
Kata Kunci:
Bank Central Asia (BCA), Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu, Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)Abstrak
Bank Central Asia (BCA) merupakan salah satu bank swasta terbesar di Indonesia yang
menawarkan beragam program perbankan, termasuk program Kredit Kendaraan Bermotor
(KKB). Persafingan di industri perbankan semakin ketat, dengan banyak bank lain yang juga
menyediakan program serupa. Oleh karena itu, BCA perlu mengembangkan strategi yang
efektif untuk tetap unggul di antara pesaingnya. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan aktivitas pemasaran BCA dalam menarik minat nasabah dengan
menerapkan teori Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu (Integrated Marketing
Communication). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan
pengumpulan data melalui observasi dan wawancara menggunakan teknik purposive
sampling. Validasi data dilakukan melalui triangulasi sumber data. Dalam upaya menarik
minat nasabah, BCA telah melakukan berbagai kegiatan pemasaran, termasuk membangun
awareness melalui pameran expo, memanfaatkan media sosial untuk memperluas jangkauan
pemasaran, serta melakukan penjualan langsung dengan memberikan brosur, kartu undangan,
voucher, dan cashback khusus. Meskipun demikian, BCA harus terus meningkatkan strategi
komunikasi pemasarannya di masa depan. Hal ini dikarenakan bisnis dan pemasaran selalu
mengalami perubahan yang dinamis.