PANDANGAN PENGGUNA INSTAGRAM DI KALANGAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA PADA AKTIVITAS CYBERBULLYING
Kata Kunci:
Cyberbullying, Pengguna Instagram, Standpoint TheoryAbstrak
Kemudahan berekspresi di media sosial menjadikan berbagai permasalahan terutama aktivitas cyberbullying yang kian meningkat termasuk pada platform media sosial Instagram. Oleh karena itu pentingnya untuk tau bagaimana pandangan pengguna instagram terkait aktivitas cyberbullying. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menggambarkan pandangan informan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pandangan pengguna instagram dikalangan mahasiswa ilmu komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya menggunakan Standpoint Theory yang menekankan pentingnya mengakui keberadaan titik pandang yang beragam dalam penelitian dan analisis sosial, serta pentingnya mendengarkan dan memperhatikan perspektif yang mungkin berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap informan memiliki pemahaman yang sejalan tetapi memiliki cara yang berbeda beda dalam memaknai sesuatu berdasarkan pengalaman dan latar belakang mereka. Kesimpulan ini menunjukkan kompleksitas fenomena cyberbullying dan pentingnya pemahaman yang komprehensif untuk mengatasi masalah ini sesuai dengan grand teori yang digunakan dalam penelitian ini. Adanya penelitian ini supaya dapat mendorong kolaborasi antara lembaga pendidikan, peneliti, dan platform media sosial seperti Instagram untuk meningkatkan efektivitas fitur penanggulangan cyberbullying yang ada serta mendorong riset lanjutan oleh peneliti selanjutnya.