STRATEGI TIM KREATIF PROGRAM ACARA SORE CERIA DI PRO 2 RRI SURABAYA DALAM MENINGKATKAN EKSISTENSI RADIO
Kata Kunci:
Strategi Tim Kreatif, Program Acara, Sore Ceria, PendengarAbstrak
Teknologi Informasi berperan penting dan berpengaruh dalam kehidupan masyarakat khususnya
Kota Surabaya. Salah satu media elektronik yang sampai saat ini berpengaruh dan berhasil
menarik khalayak adalah Radio. Media penyiaran radio merupakan media penyiaran tertua yang
ada sebagai sarana penyampaian informasi. Perkembangan radio yang semakin pesat berbagai
program dirancang untuk memperoleh lebih banyak pendengar. Cara ini dilakukan oleh stasiun
radio untuk mempertahankan agar tetap eksis didengar oleh khalayak ramai, salah satunya yaitu
dengan menghasilkan sebuah program siaran radio streaming, pendengar ( masyarakat ) dapat
lebih mudah dalam mendengarkannya salah satunya program Sore Ceria dari RRI PRO 2
Surabaya. Melalui Tim Kreatif Program Acara bagaimana dapat mengadopsi ide-ide inovatif
baru dan bagaimana mereka membuat konten agar menarik pendengar. Hal tersebut membuat
banyak masyarakat yang tertarik untuk mendengarkan Program Acara Sore Ceria. Berdasarkan
fenomena peneliti tertarik untuk mengetahui Strategi Tim Kreatif Program Acara Sore Ceria di
RRI PRO2 Dalam Meningkatkan Eksistensi Radio. adapun metode penelitian menggunakan
pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara.
Hasil Dalam penelitian ini menunjukkan Strategi yang dilakukan oleh Tim Kreatif dengan
menggunakan visualisasi konten berupa gambar desain dan video serta diperkuat dengan
caption dalam menarik agar menarik pendengar.