Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram @Photose.id Dalam Membangun Brand Awareness

Penulis

  • Friston Dika Sibuea Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Bagus Cahyo Shah Adhi Pradana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Widiyatmo Ekoputro Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Komunikasi Pemasaran, Promotion Mix, Brand Awareness, Photose

Abstrak

Perkembangan fotografi di Indonesia saat ini merupakah salah satu bisnis yang muncul akibat pertumbuhan dunia digital. Kehadiran internet dan media sosial dapat memanfaatkan untuk mengenalkan foto studio mereka. Hal ini ditandai dengan banyak bermunculan studio foto baru terutama di Kota Surabaya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Narasumber dalam penelitian ini yaitu owner dan pengelola akun Instagram dari Photose serta beberapa konsumen yang menggunakan jasa Photose. Peneliti juga melakukan observasi melalui media sosial Instagram milik Photose untuk mendukung penelitian ini. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Promotion Mix, serta Brand Awareness. Hasil dari penelitian ini adalah Photose melakukan kegiatan strategi komunikasi pemasaran dalam membangun brand awareness kepada konsumen maupun pelanggan. Strategi pertama melalui periklanan di media online yaitu Instagram serta media cetak berupa brosur, sales promotion berupa voucher diskon dan foto gratis, aktivitas public relations yang bekerjasama dengan DBL dan One Pride MMA, direct marketing melalui chatting, interactive marketing dengan pembuatan konten menarik dan lucu. Strategi kedua yang digunakan Photose yaitu personal seling, aktivitas ini digunakan sebagai bahan evaluasi setelah konsumen selesai melakukan sesi foto dengan cara mendekati dan menanyakan perihal apa yang harus diperbaiki oleh Photose.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-18