ANALISIS RETORIKA VISUAL PORTRAIT PHOTOGRAPHY PADA AKUN INSTAGRAM RIO MOTRET (@riomotret)

Penulis

  • Ilham Haqi Firmansyah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Amalia Nurul Muthmainnah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Mohammad Insan Romadhan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Retorika Visual, Mengklasifikasikan 10 Foto, Segitiga Retoris

Abstrak

Manusia adalah makhluk sosial, yang berarti kita perlu berinteraksi satu
sama lain guna memenuhi kebutuhan kita dan orang lain. Manusia akan
menerapkan komunikasi sebagai bagian dari proses interaksinya untuk
mengungkapkan ide- idenya. Ada hubungan antara setiap langkah dalam
proses ini, dan hubungan itu adalah bahasa dengan semua alternatifnya.
Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsilan retorika visual yang ada
pada foto portrait photography di Instagram @riomotret. Fokus pada penelitian ini adalah mencakup tiga aspek yang mengacu pada segitiga
retoris, yaitu Subject/Content, Audience/Context, Perspective. Teori yang
digunakan adalah Teori Retorika Visual Sonja K. Foss dan menggunakan
analisis segitiga retoris Wendy Hesford & Brenda Jo Brueggemann.
Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini
adalah mengklasifikasikan 10 foto Instagram melalui analisis fotografi
berdasarkan pesan retorika sebelumnya untuk menyimpulkan makna pesa
retorika visual menggunakan teori retorika visual Foss dan analisis segitiga
retoris yang berisikan Subject/Content, Audience/Context, Perspective.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-18